Minggu, 29 Januari 2012

Festival Salju Terbaik Dunia

SAPPORO SNOW FESTIVAL

          Festival Salju Sapporo (さっぽろ雪まつり Sapporo Yuki Matsuri) adalah festival salju terbesar di Jepang yang diadakan di kota Sapporo, Hokkaido. Festival yang di berlangsung selama seminggu di bulan februari ini setiap tahunnya di kungjungi sekitar dua juta pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar negeri hanya untuk menyaksikan berlangsungnya festival di kota Sapporo.

          Sejak tahun 2006, festival ini diadakan di tiga lokasi: Taman Odori, Susukino, dan Sapporo Satoland. Di lokasi Taman Odori ukiran es dan salju yang sangat besar dipamerkan, termasuk pahatan es berbentuk miniatur bangunan terkenal. Pameran ukiran es yang lebih kecil diadakan di Susukino, sementara acara untuk keluarga diadakan di Sapporo Satoland.

          Festival salju Sapporo pertama kali diselengarakan tahun 1950 oleh dinas pariwisata Sapporo dan pemerintah kota Sapporo, dengan sponsor surat kabar lokal Hokkai Times. Di Sapporo sebenarnya pernah dilangsungkan berbagai festival salju, namun terhenti sewaktu Perang Dunia II. Festival salju sapporo terlihat seperti negeri dongeng raksasa.






 http://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Salju_Sapporo

  
HARBIN ICE and SNOW FESTIVAL

          Festival Internasional Salju dan Es Harbin ( 哈尔滨国际冰雪节, Hā'ěrbīn Guójì Bīngxuě Jié) adalah festival salju tahunan yang diadakan di kota Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang, timur laut RRC. Festival dibuka secara resmi tanggal 5 Januari, dan berlangsung selama sebulan penuh. Walaupun demikian, pameran pahatan salju di Taman Pulau Matahari (Taiyang Dao Gongyuan) sering dibuka lebih awal di bulan November, dan masa pameran diperpanjang semasa es dan salju belum mencair.



          Pameran diadakan di 3 lokasi utama, Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju, Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es.

          Festival tahunan ini mulai diadakan secara teratur sejak tahun 1986 dengan nama Festival Salju dan Es Harbin. Walaupun demikian, cikal bakal festival berupa pameran lampion es di Taman Zhaolin sudah diselenggarakan sejak tahun 1963. Di antara replika bangunan megah yang pernah dibuat dari balok es dan salju adalah Tembok Besar, Tiananmen, pagoda, dan air terjun Niagara.








http://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Internasional_Salju_dan_Es_Harbin


HWACHEON SANCHEO NEO ICE FESTIVAL

          Setiap musim dingin tiba, kota Hwacheon di Korea Selatan ini, tidak ketinggalan menyelenggarakan sebuah festival budaya. Sebenarnya, tujuan awal festival ini adalah, untuk merayakan berlimpahnya ikan jenis mountain trout di perairan provinsi Gangwon-do. Festival ini berhasil menarik lebih dari satu juta pengunjung pada setiap bulan Januari dan berlangsung selam 23 hari. Kita dapat mengikuti berbagai program yang menjadi favorit para pengunjung. Seperti, memancing di sungai Bukhangang yang beku. Caranya,, kita harus memotong es untuk melibangi sungai yang membeku terlebih dahulu. Setelah itu kita baru bisa memancing ikan trout yang disebut Queen of valley. Kita juga bisa bermain sepak bola dengan bola es diatas sungai beku dan berseluncur. Seru, kan ?

cr : GADIS Magazine [www.gadis.co.id]


CARNAVAL DE QUEBEC

          'Quebec Winter Carnival' diadakan setiap tahun di kota Quebec, Kanada. Karnaval yang berlangsung selama 17 hari ini, di mulai pada Jumat pertama di bulan Januari. Sejarahnya, festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1894. Sebagai perwujudan tradisi kolonil Perancis yang "menjajah" kota Quebec saat itu, unutk mencipatakan tradisi bersenang-senang, untuk mengisi jeda sebelum bulan puasa Masehi (Lent) dimulai. Berbagai aktivitas seru dapat kita ikuti, seperti : ski menuruni bukit, mendirikan menara es, snow rafting, lomba memancing ikan dalam es, balapan kano di sungai St. Lawrence yang beku, dan masih banyak lagi.

 cr : GADIS Magazine [www.gadis.co.id]


NIAGARA FALLS WINTER FESTIVAL of LIGHTS

          Setiap bulan November sampai minggu pertama bulan Januari, festival cahaya musim dingin diselenggarakan di air terjun Niagara. Lengkap dengan 125 animasi dan 3 juta lampu untuk menyemarakkan musim dingin! Tidak ada pungutan biaya untuk ikut di festival ini. Tapi kontribusi sebesar $5 - $10 per mobil disarankan untuk disumbangkan, agar festival semakin semarak.

          Menurut sejarah, festival ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1900-an, saat listrik mulai masuk ke daerah-daerah. Tahun1918, air terjun Niagara, menjadi air terjun yang "bercahaya" untuk pertama kalinya! Maksudnya bercahaya tentunya karena air terjun yang terletak antara perbatasan Ontario (kanada) dan New York itu, bisa disinari lampu. Dari sinilah Festival of Lights akhirnya menjadi acara internasional sejak tahun 1925.

cr : GADIS Magazine [www.gadis.co.id]


WORLD ICE ART CHAMPIONSHIPS

          Kejuaraan memahat es yang diselenggarakan di kota Fairbanks (Alaska) sejak tahun 1989. Lebih dari 100 pemahat dari 30 negara menikuti kontes pada bulan Februari sampai Maret setiap tahunnya. 

           Dalam kejuaraan ini, para peserta yang dibagi per tim, harus memilih salah satu tingkat kesulitan lomba. Pertama, adalah Single Block Classic, yang memahat satu balok es besar, selama dua hari, tanpa mesin berat apapun. Tingkat kedua adalah Multi-Block Classic, yaitu memahat 12 block es selama empat hari. Terakhir adalah Fainbanks Open, yang khusus untuk pemahat amatir. Karena lomba ini menatang, banyak para seniman terkenal yang ikutan. Setelah lomba selesai, patung-patung tersebut akan di pajang, dan dihiasi lampu indah.


cr : GADIS Magazine [www.gadis.co.id]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar